01
Sep
08

golongan manusia

Bismillahirrahmaanirrahim

ilmu bagai keledai, barangsiapa tidak mengikatnya dengan erat maka ia akan pergi jauh.(Hadits)

saya lupa itu hadits riwayat siapa, tapi pernah disebutkan seperti itu oleh ustad Zaenal Abidin Lc, di masjid Al-Muhajirin, Bekasi barat.

hikmah yang tercecer ini saya catat dari kajian rutinan di masjid baitul Jabbar, oleh ustad Abu Rizky Al-Jambary, semoga bermanfaat😉

ketika ramadhan manusia terbagi menjadi 3 golongan, yaitu :

1. Muslimin, yaitu orang yang beragama Islam

2. Musiman, yaitu orang-orang yang meramaikan bulan ramadhan dan hanya di bulan ramadhan ini lah mereka bergerak

3.Musingin, yaitu orang yang dengan kedatangan atau tidak nya bulan ramadhan, mereka tetap pada kebiasannya tidak beribadah, tidak ingin beribadah bahkan tidak berniat untuk beribadah.

itu versi iseng🙂

versi benerannya

ada 2 golongan besar manusia yang terbagi ketika Ramadhan, golongangan pertama adalah adalah golongan mereka para manusia yang tidak terpengaruh ketika ramadhan, golongan ini pun terbagi menjadi dua yaitu :

1. orang2 yang benar2 jahlun (bodoh) sama sekali, tidak peduli apakah itu ramadhan atau bukan, tidak akan mempengaruhi mereka untuk beribadah, bahkan berpuasa pun mereka tidak.

2. orang2 yang bertaqwa, dan tetap pada ketaqwaannya di bulan Ramadhan, mereka tidak peduli apakah ini ramadhan atau bukan, mereka tetap beribadah, bahkan menambah ketaqwaan mereka. mereka yang terbiasa dengan shaum Senin-Kamis sehingga terbiasa akan shaum ramadhan, mereka yang terbisa berinfaq, akan meningkatkan shadaqah mereka di bulan ramadhan

sedangkan golongan besar kedua adalah golongan orang2 yang terpengaruh dengan datangnya bulan Ramadhan, golongan ini terbagi menjadi dua, yaitu :

1. orang2 munafik, yaitu mereka yang bisa tergolong dalam golongan orang2 musiman, yang hanya aktif beribadah ketika ramadhan datang, mereka bahkan ikut berpuasa, tetapi tidak melaksanakan shalat, inilah mereka para munafiqin.

2. orang2 yang mendapat hidayahNya, yaitu orang2 yang menjadikan ramadhan sebagai suatu titik tolak dalam kualitas serta perbaikan dirinya , mereka berubah menjadi seorang yang amat taqwa ketika memasuki bulan ini karena hidayahNya dan bahkan tetap pada ketaqwaannya setelah melewati ramadhan.

Menurut Imam Hanafi, rahimallah, ada 4 golongan orang2 yang dibenci oleh syaitan yaitu :

1. Orang2 yang suka shalat berjama’ah di masjid, karena mereka yang shalat berjamaah di masjid, mendapatkan kebaikan lebih, mereka mendapatkan pahala yang disetarakan dengan jama’ah yang paling tinggi ilmunya, paling khusu’, paling banyak hafalannya, paling bagus bacaannya.

2. Orang2 yang membaca Al-Qur’an, karena setiap orang yang membaca Al-Qur’an mendapat banyak sekali kebaikan, satu hurufnya dinilai 10 oleh Allah, dan syaitan paling benci dengan segala kebaikan yang ada pada diri anak adam. selain itu, membaca Al-Qur’an akan meningkatkan hormon endorfin (sejenis morfin, tapi dari dalam tubuh) yang berasal dari syaraf dalam mulut yang terus bergerak, sehingga menciptakan rasa nyaman dan tenang setelah membaca Al-Qur’an.

3. orang2 yang sedekah,

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. 3:92)

harap diperjelas, menafkahkan sebagian harta DARI YANG KAMU CINTAI, nah, kata ini artinya, kalau apa yang kita cintai belom bisa kita nafkah kan, satu indikasi tidak baik. bahkan ustadnya bilang, kalo ternyata jajan kamu sehari lebih banyak daripada sedekahnya, maka hati2, bisa2 kamu termasuk ke dalam para pecinta dunia, woups😉

selain itu

Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (QS. 6:160)

ada lagi

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:261)

masih banyak dalil dari Al-Qur’an tentang sedekah, dan tentunya syaitan tidak akan pernah rela kalo orang2 berbuat kebajikan, betul?

4. orang2 yang berhaji. menunaikan ibadah haji adalah impian setiap muslim, betapa banyak kisah2 mereka yang berhaji, pengorbanan fisik, materi, serta jiwa, bagiamana mereka berjuang di mina, arafah, thawaf, hanya untuk mencari ridho Allah, berapa besar pula mereka menuai pahala dari shalat di MAsjidil HAram, masjil Nabawi, yang dengan shalaat di dalamnya maka pahala akan dilipatkan gandakan bahkan samapi 100.000 kali, subhanallah, sungguh syaitan tidak akan rela akan mereka yang mendapat kebajikan ini.

kajian ditutup dengan nasihat, 2 amalan yang harus menjadi kebiasaan di bulan ramadhan yaitu :

1. tilawah Al-Qur’an dan

2. Sedekah

nah, kamu termasuk golongan yang mana?

Wallahu ‘alam


4 Responses to “golongan manusia”


  1. 1 mardee
    September 2, 2008 at 3:10 am

    haduuuh…golongan yg mana ya?
    semoga aja termasuk salah satunya…
    yg jelas bukan golongan ‘musiman’ atau ‘musingin’😀

  2. 2 riafvanti
    September 2, 2008 at 8:06 am

    ag kaget juga waktu baca awal2 tadi, mang ada golongan musiman dan musingin? eh ternyata… itu versi iseng to🙂

  3. September 2, 2008 at 3:50 pm

    semoga kita masuk dalam 3 golongan tersebut.
    “muslim family life long learning program”
    mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan raih kemenangan

  4. September 3, 2008 at 1:26 am

    nyahahah smoga aku bukan masuk yg musiman dan juga musingin. Keren artikelnya
    salam kenal yah ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Bismillahirrahmanirrahim

welcome to my simply blog! blog ini jauh dari kesempurnaan, hanya mencoba berbagi ilmu dan hikmah yang didapat ketika melewati waktu dalam hidup, dan ditambah bumbu2 keseharian tentunya.. semoga bermanfaat ;-)
September 2008
M T W T F S S
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives


%d bloggers like this: